Sabtu, 26 Februari 2011

Rokok! Rokok! Rokok!

Karena saya pengen sesekali membuat posting yang mendidik ke jalan benar, tidak seperti posting saya yang sebelum-sebelumnya yang bersifat sedikit ga penting dan rada mesum (banyak yang komen blog saya blog orang mesum), jadi kali ini saya mau mosting tentang sesuatu yang mendidik ke jalan benar, checkitot!

Merokok coy.
Sebenernya pengertian merokok tuh apa sih? Menurut saya merokok tuh proses menghisap asap dan mengeluarkannya alias sama aja dengan nafas, tapi kalau nafas tuh yang dihirup adalah sumber kehidupan sementara merokok itu yang dihirup adalah sumber kematian hahahaahahaha

Kayanya rokok tuh udah bukan barang asing lagi ya di mata orang Indonesia, mulai dari orang tua,orang dewasa,orang remaja sampai anak-anak pada tau apa itu rokok dan bahkan sebagian dari mereka mengkonsumsinya bagai narkoba.Malah sekarang anak kecil pun sampe mengkonsumsi barang ini, inget bocah jawa yang video ngeroko sambil ngomong kasarnya sampe masuk TV?kalau ga salah namanya Ponari (hahaha bukan, ponari ma merek minuman).Bocah itu dengan handal memegang lintingan tembakaunya lalu meletakannya tepat di titik berat bibirnya, lalu saat waktunya tepat dia mulai menghisap udara lewat mulut lewat rokoknya dan asap-asap hasil pembakaran tembakau itupun dengan cekatannya mulai memasuki jaringan pernafasannya dan mulai bertempat tinggal di paru-parunya hahahahah uhuy

Sebenernya saya sendiri ngenal rokok udah dari smp kelas 1, dulu temen saya pada ngajakin ngeroko tapi saat itu saya tidak tertarik karena menurut saya ngeroko tuh ga guna, cuma ngabisin duit dan memperpendek umur (prinsip ini saya pakai hingga hari ini).Saya kira di SMA saya bakal ga nemuin temen yang ngeroko tapi di SMA ternyata lebih parah hahahaha.Hampir setengah anak laki-laki di kelas saya adalah perokok, mulai dari anak bangor sampai anak culunnya pun ngerokok.Bahkan saking pengen ngerokonya mereka nekat ngeroko di WC belakang sekolah saya.

Tapi menurut Ayah saya (Ayah saya perokok parah, sehari abis 3 bungkus, dia bilang kalau ga ngeroko dia ga bisa mikir bener) zaman dulu saat dia smp juga temen-temennya udah banyak yang ngeroko, makannya beliau ikut-ikutan ngeroko.Tapi dia sering cerita dampak dari ngeroko ke saya, dan ini adalah dampak-dampak negative yang dia beritahu pada saya :
  1. Menjadi sering sesak nafas (mungkin asap rokok menutupi lubang hidungnya hahahaha)
  2. Menjadi cepat capek kalau olah raga (mungkin karena asap rokoknya memenuhi persendian-persendian tubuh)
  3. Menjadi sering tidak punya uang (mungkin karena asap rokok mencuri semua uangnya)
  4. Menjadi emotional alias dikit-dikit marah (mungkin karena asap rokok mempengaruhi otaknya)
  5. Sebenernya ada banyak lagi, cuma saya lupa hahaha soalnya dia nyerita ini pas saya kelas 3 SMP

Sebenernya kita ga bisa ngelarang seseorang buat ngeroko, itu semua adalah jalan hidup orang itu, dan mungkin aja orang itu punya penyakit yang mengharuskan dia ngeroko tiap 5 menit sekali dan kalau dia telat ga ngeroko maka dia akan mati seketika.Dan kita ga bisa nyalahin pabrik rokok karena mereka biang keladinya, karena ada banyak banget rakyat Indonesia yang bermata pencaharian yang bertumpu pada rokok.Dan kita juga ga bisa nyalahin orang yang ga ngerokok, kenapa dia ga ngeroko atau kenapa dia ga bikin pabrik rokok? Hahahahaha itulah jalan hidup

Saya punya temen sekelas dan seband, namanya kita samarin jadi Gian (Sebenernya itu nama aslinya, sorry ya gian saya beberin rahasia kamu kalau kamu itu impoten dan raja singa hahahaha gad eh bohong).Gian tuh kalau ga salah punya penyakit sama paru-parunya, dan penyakitnya itu baru ketauan pas kelas 2 SMA sementara dia udah ngeroko sejak SMP.Sebelum dia tau kalau paru-parunya ga beres dia sering aja ngerokok dan dia sering ngeluh ke anak-anak kalau paru-parunya atit (wkwkwkwkwk maksudnya sakit).Tapi bagai si pitung yang tak pernah takut, gian tetap saja meroko walau mengeluhkan paru-parunya.Oiya dari kelas 1 SMA sampe sekarang Gian sering ga masuk gara-gara pas mau pergi sekolah dia ngerasa sesek nafas, dan kalau dia ga masuk tuh biasanya sampe 1 minggu malah pernah sampe 1 bulan.Gara-gara sering sesek nafas itu dia memeriksakan dirinya pada dokter, dan hasilnya ternyata dia mengalami sakit pada paru-parunya (lupa apa nama penyakitnya, pokoknya lumayan parah).Setelah tau bahwa dia mengalami sakit pada paru-parunya gara-gara ngerokok akhirnya dia tobat dan sekarang dia tetep ngerokok tapi ga sesering dulu.Two thumbs up for you Gian!Lu memang goblok, udah tau sakit tetep aja ngerokok ahahahahahhaha cepatlah tobat nak!

Oiya, saya pernah denger juga katanya jadi perokok passive itu lebih bahaya dari jadi perokok active, mungkin karena dia perokok passive ngehisap asap rokok + CO2 juga yaaa.Sedihnya.Padahal ga ngerokok, tapi bisa sakit gara-gara orang lain ngerokok.

Semua tau kalau ngerokok tuh bahaya bagi kesehatan kita, karena di rokok tuh ada banyak banget zat yang ga baik buat tubuh (saya lupa aja zat-zatnya, kalau ga salah ada 17 zat.Tanya aja sama mbah Google, dia jagonya) bahkan rokok bisa bikin ibu-ibu hamil keguguran dan bikin banyak keluarga gulung tikar.hahahaha

TAPI buat kalian yang udah terlanjur ngeroko, saya punya beberapa alternative buat kalian biar ngelupain rokok hahahaha dan inilah alternative-alternativenya :
  1. Merokoklah di lingkungan sekolah, lebih bagus kalian ngerokok di ruang guru aja(kalau bisa di depan wali kelas).Ini semua agar kalian nanti dimarahi oleh guru-guru dan kalian bakal kapok ga akan ngerokok lagi.
  2. Coba mengalihkan rasa ketagihan akan rokok anda dengan mengkonsumsi zak adiktif lainnya, contohnya coki-coki, keripik setan, gehu pedas atau the poci hahahahaha
  3. Pahamilah bahwa rokok itu sebenarnya adalah jalan pintas menuju kematian!!!!

Banyak gossip yang nyebar di antara ibu-ibu dan tante-tante bahwa di kalangan anak sekolah banyak yang ngerokok cuma karena takut dibilang “Ga gaul!” atau “Cupu lo!” atau bahkan “Dasar lu monyet idiot muka kardus kelakuan homo!” alias gengsi-gengsian aja.Tapi kenyataannya sih engga.Pernah denger kan kalau remaja itu sealu ingin mencoba hal yang baru?nah itulah penyebab kenapa banyak remaja yang ngerokok.

Tapi sebenernya lingkungan juga mempengaruhi banget terhadap hal ini.Buktinya saya.Saya dilahirkan dari seorang ayah yang perokok berat, tapi ayah dan ibu saya suka bilang kalau “Ngerokok tuh enaknya sekarang aja, nanti kalau udah tua kamu jadi sakit-sakitan dan lama-lama uang kamu abis dipake buat berobat!” dan ibu saya pernah bilang “Kalau kamu ngerokok, Mamah bakal minggat dari rumah!”.Dua nasehat itulah yang bikin saya sampai hari ini ga ngerokok, padahal temen saya rata-rata adalah perokok.

Semuanya tergantung pada kita.Masa depan kita, ada di tangan kita.Mau kita buat jadi rusak atau bahagia, semua ada di tangan kita.Tapi ingat! masa depan itu hanya ada 1 kali, dan kita tak bisa mengulangnya mulai dari dimana kita pertama kali mencoba merusak masa depan kita . . .


1 komentar: